Perhotelan merupakan salah satu bisnis industri pariwisata yang
sangat kompleks dengan bermacam-macam variasi disiplin ilmu dan dinamika
lingkup pekerjaannya. Hotel sendiri memiliki arti yaitu suatu jenis akomodasi
yang menggunakan seluruh atau sebagian bangunannya untuk jasa pelayanan
penginapan, makan, dan minum serta jasa lainnya bagi umum yang dikelola secara
komersial. Hotel juga harus memenuhi ketentuan persyaratan yang ditetapkan
dalam surat keputusan Menparpostel yaitu SK.Menparpostel No. KM94/JHK103/MPPT
87, tertanggal 23 Desember 1987 dan SK. Dirjen Pariwisata yang akan memberikan
pelayanan yang baik dan memuaskan, sehingga tamu akan merasa nyaman dan aman
serta tamu tersebut akan datang kembali untuk menginap di hotel tersebut.
Selain itu hotel juga diharapkan dapat memberikan pemasukan devisa dan
sektor nomigas oleh sebab itu maka pemerintah dan pihak swasta banyak
mendirikan hotel-hotel baik hotel berbintang maupun hotel non berbintang di
daerah yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara maupun nusantara.
Hotel berbintang yang baik adalah hotel yang memenuhi standart hotel
berbintang karena selain menyediakan kamar, fasilitas yang lengkap, menyediakan
makanan dan minuman dengan berbagai cita rasa serta karena letaknya yang
strategis. Tetapi semua itu tidak terlepas dari peranan staff hotel yang
profesional dalam menjalankan tugas-tugasnya masing-masing sehinnga dapat
menarik para wisatawan untuk berkunjung dan menginap di hotel.
0 komentar:
Posting Komentar