Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

Sabtu, 24 Desember 2011

Lebih sehat dengan "Bike To Work"

      Walaupun tidak membuat kita bepergian lebih cepat dari kendaraan motor, bersepeda sangat bermanfaat bagi kesehatan dan menjaga tubuh kita selalu dalam keadaan bugar, apalagi jika dilakukan setiap hari, seperti pulang pergi bekerja. Dengan bersepeda setiap hari, nafas kita dilatih sehingga menjadi lebih panjang dibandingkan dengan orang yang tidak bersepeda. Bersepeda juga lebih efektif dibandingkan dengan aerobic dan yang paling penting, lebih mengasyikkan...
      Bersepeda merupakan salah satu bentuk olahraga yang paling efektif dan murah untuk menjaga kesehatan. Sebagai contohnya : bersepeda bisa mengurangi resiko serangean jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Itulah mengapa bersepeda merupakan salah satu cara yang efektif untuk hidup lebih sehat.

Hasil penelitian menyebutkan bersepeda dalam jarak yang pendek dan sering dilakukan akan mengurangi kematian kurang lebih 22%. Itulah sebabnya, bersepeda menuju tempat bekerja atau yang terpopuler dengan istilah "Bike To Work" kini sangat digandrungi oleh banyak orang.

       *Bersepeda untuk mengurangi berat badan
bersepeda dapat dijadikan salah satu cara untuk mengurangi berat badan. Hanya dengan 15 menit bersepeda dari rumah ke kantor, serta dilakukan 5-6 kali dalam seminggu, maka kita akan mengurangi berat badan sekitar 5,5 kg dalam satu tahun.

      *Bersepeda untuk mencerahkan suasana hati
Bersepeda memberikan efek yang positif pada perasaan dan suasana hati kita, karena terbukti dapat mengurangi depresi, stres, meningkatkan mood dan memotifasi diri kita. Sebagai contoh : dengan bersepeda kita dapat melihat alam sekitar secara lebih seksama, bersosialisasi dengan lingkungan, serta menikmati pemandangan dan udara yang segar. Bonus dari semua itu adalah kesehatan.

      *Bersepeda dan populasi kendaaran
Anda tidak perlu kuatir dengan populasi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa orang yang bersepeda lebih sedikit terkena populasiudara dari orang yang naik kendaraan bermotor. Hal ini dimungkinkan karena orang bersepeda bernafas lebih teratur dan menghisap oksigen lebih banyak. Semakin banyak orang yangbersepeda tentunya juga mengurangi populasi udaraakibat kendaraan bermotor. Hal ini sangat dianjurkan, terutama mengingat kondisi bumi yang mengkhawatirkan.
 
      *Bersepeda dan keselamatan
Jangan helm, meski sampai sekarang masih banyak memakai helm saat bersepeda itu bukan salah satu hal yang penting. Memakai helm dapat mengurangi resiko kecelakaan jika terjatuh atau bersinggungan dengan kendaraan lainnya. Untuk mendapatkan helm yang nyaman, Anda dapat mengunjungi toko sepeda terdekat.  Disana anda bisa mendapatkan helm yang sesuai dengan ukuran kepala anda. Dengan mempergunakan helm, maka aktifitas "Bike To Work" anda menjadi lebih aman dan nyaman. Cintai kesehatan anda, cintai bumi kita, ayo bersepeda menuju tempat bekerja !!..:-)

0 komentar:

Posting Komentar